Tujuan Pembangunan Millenium (Millenium Development Goals)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Tujuan Pembangunan Millenium (Millenium Development Goals)
Kesepakatan global yang terdiri dari 189 negara tidak termasuk Indonesia bertekad untuk menghapuskan kemiskinan, keterbelakangan dan ketertinggalan di dunia dalam era millenium. Kesepakatan global ini merumuskan target-target yang akan dicapai sampai dengan tahun 2015, yang dirumuskan dalam 8 "Tujuan Pembangunan Millenium" atau "Millenium Development Goals" yakni : (Biran Affandi, 2006)
1. Pemberantasan kemiskinan dan kelaparan
2. Mencapai pendidikan dasar untuk semua
3. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan
4. Menurunkan angka kematian anak
5. Meningkatkan kesehatan ibu
6. Memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit menular lainnya
7. Menjamin keberlanjutan hidup
8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan
Delapan tujuan pembangunan millenium tersebut sebenarnya sasaran akhirnya adalah pengembangan kualitas sumber daya manusia. Dari delapan target atau tujuan pembangunan millenium ini adalah merupakan sasaran antara pembangunan kualitas sumber daya manusia. Selanjutnya dari target-target dalam rangka mewujudkan kualitas SDM tersebut, 4 target diantaranya adalah berkaitan dengan sektor kesehatan. Dari kesepakatan global tentang pembangunan millenium tersebut dapat dilihat betapa pentingnya peran kesehatan dalam pembangunan kualitas sumber daya manusia sebagai aset utama pembangunan suatu bangsa.
Sumber :
Promosi Kesehatan Komitmen Global dari Ottawa-Jakarta-Nairobi, Menuju Rakyat Sehat, Pusat Promosi Kesehatan, Departemen Kesehatan RI Bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, FKM-UI Tahun 2009. 

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :